Struktur Organisasi

Struktur organisasi Program Studi Pendidikan Teknik Mesin terdiri atas Ketua Program Studi, Kepala Laboratorium dan unsur pelaksana akademik.

  1. Ketua Program Studi: Ketua Program Studi melaksanakan koordinasi di tingkat program studi dalam bidang administrasi, pendidikan, pengajaran, penelitian, pengabdian dan dalam pelaksanaannya ketua program studi sebagai fasilitator, komunikator, konseptor, dinamisator dan evaluator.
  1. Kepala Laboratorium: Kepala Laboratorium bertugas merencanakan, menyediakan dan mengelola alat dan bahan laboratorium serta melaksanakan kegiatan praktikum.
  1. Gugus Kendali Mutu : Sistem Penjaminan Mutu di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin memiliki tujuan agar dapat menjamin mutu gelar akademik yang diberikan, menjamin kompetensi lulusan Prodi serta menjamin mahasiswa akan memperoleh pengalaman belajar sesuai dengan spesifikasi Program Studi. Pengelolaan Sistem Manajemen Mutu yang dilaksanakan oleh setiap unit pengendali dilakukan melalui pendekatan Plan-Do-Check-Action (PDCA) yang berlangsung secara berkesinambungan dalam satu tahun yang disebut dengan satu siklus. Setelah selesai satu siklus, akan dilanjutkan dengan siklus berikutnya yang mencakup program-program pengembangan berdasarkan tinjauan manajemen pada siklus sebelumnya
  2. Unsur Pelaksana Akademik:
  • Tenaga administrasi berfungsi membantu kelancaran kegiatan administrasi akademik program studi dan mendokumentasikan kelengkapan berkas administrasi program studi.
  • Laboran merupakan perangkat penunjang pelaksanaan pendidikan yang dikelola oleh seorang kepala laboratorium yang keahliannya telah memenuhi persyaratan sesuai dengan bidang ilmu
  • Dosen berfungsi sebagai motivator, fasilitator dan tranformator ilmu kepada mahasiswa. Adapun tugasnya adalah melaksanakan pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat.